51 Keutamaan Dzikir
(1) Dengan dzikir akan mengusir setan.
(2) Dzikir
mudah mendatangkan ridho Ar Rahman.
(3) Dzikir
dapat menghilangkan gelisah dan hati yang gundah gulana.
(4)
Dzikir membuat hati menjadi gembira dan lapang.
(5)
Dzikir menguatkan hati dan badan.
(6)
Dzikir menerangi hati dan wajah pun menjadi bersinar.
(7)
Dzikir mudah mendatangkan rizki.
(8)
Dzikir membuat orang yang berdzikir akan merasakan manisnya iman dan keceriaan.
(9)
Dzikir akan mendatangkan cinta Ar Rahman yang merupakan ruh Islam.
(10)
Dzikir akan mendekatkan diri seseorang pada Allah sehingga memasukkannya pada
golongan orang yang berbuat ihsan yaitu beribadah kepada Allah
seakan-akan melihatnya.
(11)
Dzikir akan mendatangkan inabah, yaitu kembali pada Allah ‘azza wa
jalla. Semakin seseorang kembali pada Allah dengan banyak berdzikir
pada-Nya, maka hatinya pun akan kembali pada Allah dalam setiap keadaan.
(12)
Dengan berdzikir, seseorang akan semakin dekat pada Allah sesuai dengan
kadar dzikirnya pada Allah ‘azza wa jalla. Semakin ia lalai dari dzikir,
ia pun akan semakin jauh dari-Nya.
(13)
Dzikir akan semakin menambah ma’rifah (pengenalan pada Allah). Semakin
banyak dzikir, semakin bertambah ma’rifah seseorang pada Allah.
(14)
Dzikir mendatangkan rasa takut pada Rabb ‘azza wa jalla dan semakin
menundukkan diri pada-Nya. Sedangkan orang yang lalai dari dzikir akan semakin
terhalangi dari rasa takut pada Allah.
(15)
Dzikir akan mudah meraih apa yang Allah sebut dalam ayat,
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ
“Ingatlah
pada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian.” (QS. Al Baqarah: 152). Ibnul
Qayyim mengatakan, “Seandainya tidak ada keutamaan dzikir selain yang
disebutkan dalam ayat ini, maka sudahlah cukup keutamaan yang disebut.”
(16)
Dengan dzikir, hati akan semakin hidup. Ibnul Qayyim pernah mendengar gurunya,
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata,
الذكر للقلب مثل الماء للسمك فكيف يكون حال السمك إذا فارق
الماء ؟
“Dzikir
pada hati semisal air yang dibutuhkan ikan. Lihatlah apa yang terjadi jika ikan
tersebut lepas dari air?”
(17) Hati
dan ruh semakin kuat dengan dzikir. Jika seseorang melupakan dzikir maka
kondisinya sebagaimana badan yang hilang kekuatan. Ibnul Qayyim rahimahullah
menceritakan bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah sesekali pernah shalat Shubuh
dan beliau duduk berdzikir pada Allah Ta’ala sampai beranjak siang.
Setelah itu beliau berpaling padaku dan berkata, ‘Ini adalah kebiasaanku di
pagi hari. Jika aku tidak berdzikir seperti ini, hilanglah kekuatanku’ –atau
perkataan beliau yang semisal ini-.
(18)
Dzikir menjadikan hati semakin kilap yang sebelumnya berkarat. Karatnya hati
disebabkan lalai dari dzikir pada Allah. Sedangkan kilapnya hati adalah dengan
dzikir, taubat dan istighfar.
(19)
Dzikir akan menghapus dosa karena dzikir adalah kebaikan terbesar dan kebaikan
akan menghapus kejelekan.
(20)
Dzikir pada Allah dapat menghilangkan kerisauan.
(21)
Ketika seorang hamba rajin mengingat Allah (berdzikir), maka Allah akan
mengingat dirinya di saat ia butuh.
(22) Jika
seseorang mengenal Allah -dengan dzikir- dalam keadaan lapang, Allah akan
mengenalnya dalam keadaan sempit.
(23)
Dzikir akan menyelematkan seseorang dari adzab neraka.
(24)
Dzikir menyebabkan turunnya sakinah (ketenangan), naungan rahmat, dan
dikelilingi oleh malaikat.
(25)
Dzikir menyebabkan lisan semakin sibuk sehingga terhindar dari ghibah
(menggunjing), namimah (adu domba), dusta, perbuatan keji dan batil.
(26)
Majelis dzikir adalah majelis para malaikat dan majelis orang yang lalai dari
dzikir adalah majelis setan.
(27) Orang
yang berzikir begitu bahagia, begitu pula ia akan membahagiakan orang-orang di
sekitarnya.
(28)
Dzikir akan memberikan rasa aman bagi seorang hamba dari kerugian di hari
kiamat.
(29)
Karena tangisan orang yang berdzikir, Allah akan memberikan naungan ‘Arsy
padanya di hari kiamat yang amat panas.
(30)
Sibuknya seseorang pada dzikir adalah sebab Allah memberi untuknya lebih dari
yang diberikan pada peminta-minta.
(31)
Dzikir adalah ibadah yang paling ringan, namun ibadah tersebut amat mulia.
(32) Dzikir
adalah tanaman surga.
(33)
Pemberian dan keutamaan yang diberikan pada orang yang berdzikir tidak
diberikan pada amalan lainnya.
(34)
Senantiasa berdzikir pada Allah menyebabkan seseorang tidak mungkin
melupakan-Nya. Orang yang melupakan Allah adalah sebab sengsara dirinya dalam
kehidupannya dan di hari ia dikembalikan. Seseorang yang melupakan Allah
menyebabkan ia melupakan dirinya dan maslahat untuk dirinya. Allah Ta’ala
berfirman,
وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ
أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
“Dan
janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah
menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka Itulah orang-orang yang
fasik.” (QS. Al Hasyr: 19)
(35)
Dzikir adalah cahaya bagi pemiliknya di dunia, kubur, dan hari berbangkit.
(36)
Dzikir adalah ro’sul umuur (inti segala perkara). Siapa yang dibukakan
kemudahan dzikir, maka ia akan memperoleh berbagai kebaikan. Siapa yang luput
dari pintu ini, maka luputlah ia dari berbagai kebaikan.
(37)
Dzikir akan memperingatkan hati yang tertidur lelap (yang lalai). Hati bisa
jadi sadar dengan dzikir.
(38) Orang
yang berdzikir akan semakin dekat dengan Allah dan bersama dengan-Nya.
Kebersamaan di sini adalah dengan kebersamaan yang khusus, bukan hanya sekedar
Allah itu bersama dalam arti mengetahui atau meliputi hamba-Nya. Namun
kebersamaan ini menjadikan lebih dekat, mendapatkan perwalian, cinta,
pertolongan dan taufik Allah. Kebersamaan yang dimaksudkan sebagaimana firman
Allah Ta’ala,
إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ
مُحْسِنُونَ
“Sesungguhnya
Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.”
(QS. An Nahl: 128)
وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ
“Dan
Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 249)
وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ
“Dan
sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS.
Al ‘Ankabut: 69)
لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا
“Janganlah
kamu berduka cita, Sesungguhnya Allah beserta kita.” (QS. At Taubah: 40)
(39)
Dzikir dapat menyamai seseorang yang memerdekakan budak, menafkahkan harta,
juga dapat menyamai seseorang yang menunggang kuda dan berperang dengan pedang
(dalam rangka berjihad) di jalan Allah.
Sebagaimana
terdapat dalam hadits,
مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ
لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ ، وَلَهُ الْحَمْدُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ .
فِى يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ ، كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ
“Barangsiapa
yang mengucapkan ‘Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku, wa
lahul hamdu, wa huwa ‘ala kulli syain qodiir dalam sehari sebanyak 100 kali,
maka itu seperti memerdekakan 10 budak.”[1]
Ibnu
Mas’ud mengatakan, “Sungguh aku banyak bertasbih pada Allah Ta’ala (mengucapkan
subhanallah) lebih aku sukai dari beberapa dinar yang aku infakkan fii
sabilillah (di jalan Allah).”
(40)
Dzikir adalah inti dari bersyukur. Tidaklah dikatakan bersyukur pada Allah Ta’ala
orang yang enggan berdzikir. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
pada Mu’adz,
« يَا مُعَاذُ وَاللَّهِ إِنِّى لأُحِبُّكَ وَاللَّهِ إِنِّى
لأُحِبُّكَ ». فَقَالَ « أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لاَ تَدَعَنَّ فِى دُبُرِ كُلِّ
صَلاَةٍ تَقُولُ اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ
عِبَادَتِكَ »
“Wahai
Mu’adz, demi Allah, sungguh aku mencintaimu. Demi Allah, aku mencintaimu.”
Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku menasehatkan kepadamu
–wahai Mu’adz-, janganlah engkau tinggalkan di setiap akhir shalat bacaan
‘Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatik’ (Ya Allah
tolonglah aku untuk berdzikir dan bersyukur serta beribadah yang baik pada-Mu).”[2]
Dalam hadits ini digabungkan antara dzikir dan syukur. Begitu pula Allah Ta’ala
menggabungkan antara keduanya dalam firman Allah Ta’ala,
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ
“Karena
itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan
bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS.
Al Baqarah: 152). Hal ini menunjukkan bahwa penggabungan dzikir dan syukur
merupakan jalan untuk meraih bahagia dan keberuntungan.
(41)
Makhluk yang paling mulia adalah yang bertakwa yang lisannya selalu basah
dengan dzikir pada Allah. Orang seperti inilah yang menjalankan perintah dan
menjauhi larangan Allah. Ia pun menjadikan dzikir sebagai syi’arnya.
(42) Hati
itu ada yang keras. Kerasnya hati dapat dilebut dengan berdzikir pada Allah.
Oleh karena itu, siapa yang ingin sembuh dari hati yang keras, maka
perbanyaklah dzikir pada Allah.
Ada yang
berkata kepada Al Hasan, “Wahai Abu Sa’id, aku mengadukan padamu akan kerasnya
hatiku.” Al Hasan berkata, “Lembutkanlah dengan dzikir pada Allah.”
Ketika
hati semakin lalai, semakin keras hati tersebut. Jika seseorang berdzikir pada
Allah, lelehlah kekerasan hati sebagaimana timah itu dapat meleleh dengan api.
Kerasnya hati akan meleleh semisal itu, yaitu dengan dzikir pada Allah.
(43)
Dzikir adalah obat hati sedangkan lalai dari dzikir adalah penyakit hati.
Mak-huul,
seorang tabi’in, berkata, “Dzikir kepada Allah adalah obat (bagi hati).
Sedangkan sibuk membicarakan (‘aib) manusia, itu adalah penyakit.”
(44) Tidak
ada sesuatu yang membuat seseorang mudah meraih nikmat Allah dan selamat dari
murka-Nya selain dzikir pada Allah. Jadi dzikir adalah sebab datangnya nikmat
dan tertolaknya murka Allah. Allah Ta’ala berfirman,
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ
لَأَزِيدَنَّكُمْ
“Sesungguhnya
jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS.
Ibrahim: 7). Dzikir adalah inti syukur sebagaimana telah disinggung sebelumnya.
Sedangkan syukur akan mendatangkan nikmat dan semakin bersyukur akan membuat
nikmat semakin bertambah.
(45)
Dzikir menyebabkan datangnya shalawat Allah dan dari malaikat bagi orang yang
berdzikir. Dan siapa saja yang mendapat shalawat (pujian) Allah dan malaikat,
sungguh ia telah mendapatkan keuntungan yang besar. Allah Ta’ala
berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا
كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (42) هُوَ الَّذِي يُصَلِّي
عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ
وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا (43)
“Hai
orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang
sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah
yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu),
supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). dan
adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Al Ahzab:
41-43)
(46)
Dzikir kepada Allah adalah pertolongan besar agar seseorang mudah melakukan
ketaatan. Karena Allah-lah yang menjadikan hamba mencintai amalan taat
tersebut, Dia-lah yang memudahkannya dan menjadikan terasa nikmat melakukannya.
Begitu pula Allah yang menjadikan amalan tersebut sebagai penyejuk mata, terasa
nikmat dan ada rasa gembira. Orang yang rajin berdzikir tidak akan mendapati
kesulitan dan rasa berat ketika melakukan amalan taat tersebut, berbeda halnya
dengan orang yang lalai dari dzikir. Demikianlah banyak bukti yang menjadi
saksi akan hal ini.
(47)
Dzikir pada Allah akan menjadikan kesulitan itu menjadi mudah, suatu yang
terasa jadi beban berat akan menjadi ringan, kesulitan pun akan mendapatkan
jalan keluar. Dzikir pada Allah benar-benar mendatangkan kelapangan setelah
sebelumnya tertimpa kesulitan.
(48)
Dzikir pada Allah akan menghilangkan rasa takut yang ada pada jiwa dan
ketenangan akan mudah diraih. Sedangkan orang yang lalai dari dzikir akan
selalu merasa takut dan tidak pernah merasakan rasa aman.
(49)
Dzikir akan memberikan seseorang kekuatan sampai-sampai ia bisa melakukan hal
yang menakjubkan. Contohnya adalah Ibnu Taimiyah yang sangat menakjubkan dalam
perkataan, tulisannya, dan kekuatannya. Tulisan Ibnu Taimiyah yang ia susun
sehari sama halnya dengan seseorang yang menulis dengan menyalin tulisan selama
seminggu atau lebih. Begitu pula di medan peperangan, beliau terkenal sangat
kuat. Inilah suatu hal yang menakjubkan dari orang yang rajin berdzikir.
(50) Orang
yang senantiasa berdzikir di jalan, di rumah, di lahan yang hijau, ketika
safar, atau di berbagai tempat, itu akan membuatnya mendapatkan banyak saksi di
hari kiamat. Karena tempat-tempat tadi, semisal gunung dan tanah, akan menjadi
saksi baginya di hari kiamat. Kita dapat melihat hal ini pada firman Allah Ta’ala,
إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا (1) وَأَخْرَجَتِ
الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا (2) وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا (3) يَوْمَئِذٍ
تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا (4) بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا (5)
“Apabila
bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan
beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi
(menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena
sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.”
(QS. Az Zalzalah: 1-5)
(51) Jika
seseorang menyibukkan diri dengan dzikir, maka ia akan terlalaikan dari
perkataan yang batil seperti ghibah (menggunjing), namimah
(mengadu domba), perkataan sia-sia, memuji-muji manusia (secara berlebihan),
dan mencela manusia. Karena lisan sama sekali tidak bisa diam. Lisan boleh jadi
adalah lisan yang rajin berdzikir dan boleh jadi adalah lisan yang lalai.
Kondisi lisan adalah salah satu di antara dua kondisi tersebut. Ingatlah bahwa
jiwa jika tidak tersibukkan dengan kebenaran, maka pasti akan tersibukkan
dengan hal yang sia-sia.[3]
Penyusun: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel www.muslim.or.id
0 komentar: